Baby Led Weaning

Pernah dengar dengan istilah Baby Led Weaning ? Mungkin untuk beberapa orang awam, istilah ini masih asing di telinga. Dan mungkin masih belum tahu apa maksud Baby Led Weaning .
Merupakan salah satu metoda pengenalan makanan pendamping pada baby setelah umur 6 bulan. Ini merupakan metoda yang agak berbeda dengan pemberian MP-ASI secara langsung , karena Baby Led Weaning
dilakukan tanpa melalui tahapan makanan dengan konsistensi lembut, seperti “pure” buah atau bubur susu , layaknya kebanyakan yang dilakukan para bunda selama ini.

Menurut Gill Rapley, dengan diajarkannya metoda Baby Led Weaning, baby akan lebih mudah menerima MP-ASi berupa makanan keluarga. Baby juga lebih tidak pilih-pilih makanan atau biasa disebut “picky eater”.
Baby Led Weaning, sebagai proses lanjutan dari proses menyusui merupakan tahapan kedua yang sangat berperan dalam meningkat kan gerak motorik dari baby. Karena baby diajarkan untuk bisa menentukan makanan apa yang dia mau dengan menggunakan tangannya (fingerfood), sedangkan sang bunda berperan untuk mengatur dan memperkenalkan jenis-jenis makanan yang merupakan makanan keseharian keluarga.
Namun, untuk memulainya Bunda butuh ekstra sabar. Proses awal akan memakan waktu yang lama dan risiko membersihkan makanan yang berantakan di sekitar tempat bayi makan.

Berikut prinsip dan cara memulai BLW:

• Jika pada percobaan pertama si bayi menolak untuk makan, jangan paksa dirinya. artinya, bunda harus menunda dulu proses BLW hari ini. Tawari lagi ia makanan padat esok hari.
• Makanan yang ditawarkan berupa makanan padat yang lembut. Misalnya, buah yang direbus atau makan padat lain yang diproses terlebih dahulu.
• Hindari makanan dalam bentuk kecil, seperti kacang-kacangan, atau bentuk lainnya yang berisiko membuatnya tersedak.
• Reaksi positif ditunjukkan jika si bayi mulai memegang dan menjilat-jilat makanan, karena selanjtunya si kecil akan mulai menggigit dan memakannya.
• Biarkan si kecil memilih sendiri makanannya dan jumlahnya. Tidak diperkenankan menyuapi sisa makanan kepada si kecil.
• Waktu makan, terutama awal perkenalan BLW, akan memakan waktu lama. Jadi jangan ”menyemangati” atau membantu bayi untuk makan secara buru-buru. Ia butuh waktu belajar memasukkan tangan ke mulut dan mengunyah.
• Sediakan segelas plastik air putih dan tawarkan padanya di sela-sela makan.
• Jika ingin memberi makanan lumat, seperti yoghurt atau bubur, beri ia sendok dan biarkan ia belajar menggunakannya sendiri.

Mari bunda, mengajarkan Wead Led Weaning sejak dini..
Selamat belajar dan mencoba

http://www.bettermomtoday.com/moms_journal/memulai-baby-led-weaning

1 komentar:

dimdroid mengatakan...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Posting Komentar

Apakah artikel ini berguna? Apa Pendapat Anda?

Ada kesalahan di dalam gadget ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes